Advertisement
Mengenal Rencana MRT Jokowi. Kemacetan lalu lintas di Jakarta sudah membuat pusing warga dan pengguna jalan raya, bertambahnya jumlah kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang tidak diimbangi dengan penambahan volume jalan adalah pemicu utama kemacetan di Ibu Kota. Ditambah lagi kurangnya disiplin angkutan umum dan kendaraan pribadi dalam mematuhi rambu-rambu lalulintas semakin memperparah kemacetan ini.
Menghadapi masalah kemacetan ini gubernur DKI Jakarta terpilih Joko Widodo atau Jokowi berencana membangun Mass Rapid Transit (MRT). Pada acara keliling Jokowi meninjau fasilitas-fasilitas milik Pemda DKI yang dilakukan pada hari Sabtu 27 Oktober 2012, berujung di Terminal dan Stadion Lebak
Bulus, Jakarta Selatan. Di sini Jokowi menjajaki rencana proyek
pembangunan MRT tersebut.
"Saya harus menguasai lapangan. Untuk MRT mulai dari sini, yang kena nanti stadion, kolam renang, dan terminal." Kata Jokowi.
"Masalah teknis menurutnya akan dibahas lebih detil di balik meja
bersama pihak-pihak terkait. Ini baru melihat pemetaan lapangan". Lanjut Jokowi.
MRT sendiri adalah singkatan dari Mass Rapid Transit yang secara harafiah
berarti angkutan yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar
secara cepat.
Jenis-jenis MRT antara lain:
- Berdasarkan jenis fisik : BRT ( Bus Rapid Transit), Light Rail Transit
(LRT) yaitu kereta api rel listrik, yang dioperasikan menggunakan
kereta (gerbong) pendek seperti monorel dan Heavy Rail Transit yang
memiliki kapasitas besar seperti kereta Jabodetabek yang ada saat ini.
- Berdasarkan
Area Pelayanan : Metro yaitu heavy rail transit dalam kota dan Commuter
Rail yang merupakan jenis MRT untuk mengangkut penumpang dari daerah
pinggir kota ke dalam kota dan mengantarkannya kembali ke daerah
penyangga (sub-urban). Jenis MRT inilah yang akan dibangun oleh Pemda DKI Jakarta.
Manfaat lain yang akan dirasakan oleh masyarakat dengan dioperasikannya sistem
MRT ini adalah mampu mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya, diharapkan dengan adanya sistem MRT yang aman dan nyaman akan mengubah budaya masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi ke alat transportasi massal.
Dengan daya angkut dari Lebak Bulus ke Bundaran HI sekitar 412 ribu penumpang per hari diharapkan sistem MRT dapat memberikan kontribusi dalam meningkatan kapasitas
transportasi publik.
Waktu tempuh antara Lebak
Bulus sampai Bundaran HI diharapkan turun dari 1-2 jam pada jam-jam
sibuk menjadi hanya 30 menit, sedangkan dari Lebak Bulus sampai Kampung Bandan
ditargetkan waktu tempuhnya sekitar 52.5 menit. Hal ini tentunya akan
meningkatkan mobilitas warga Jakarta yang secara otomatis akan memberikan dampak kepada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi
kota, dan meningkatkan kualitas hidup warga kota.
MRT rencananya akan beroperasi mulai pukul 05.00 pagi sampai jam
24.00 malam. Sedangkan waktu tunggu atau headway setiap 5 menit pada tahun pertama, dan diharapkan dapat dipersingkat pada tahun berikutnya menjadi setiap 4 atau 3 menit. Penjadwalan operasi MRT akan menggunakan sistem
kontrol terpadu yang mengatur ketepatan jadwal operasi.
MRT
bukanlah solusi yang berdiri sendiri untuk mengatasi kemacetan di
Jakarta. Sejumlah instrumen diperlukan untuk mengurai kepadatan lalu
lintas
- Integrasi produk hukum dan kebijakan seperti: peningkatan
disiplin lalu lintas, pembatasan volume kendaraan melalui kebijakan
pembatasan intensitas penggunaan kendaraan pribadi seperti ERP (electronic road pricing) serta upaya-upaya teknik lalu lintas seperti implementasi intelligent traffic system, perbaikan manajemen lalu lintas, pembangunan fly over, under pass,
dan lain-lain. Cara lainnya yakni dengan memberlakukan harga tiket MRT
Jakarta yang terjangkau, atau penerapan berbagai kebijakan baik yang
menggunakan instrument financial seperti peningkatan pajak kendaraan pribadi, dan bentuk-bentuk pricing (road pricing, fuel pricing, parking pricing), maupun yang tidak menggunakan instrument financial seperti kebijakan ganjil genap, “3 in 1”, dan sebagainya.
- Integrasi dengan moda transport lain : Untuk memudahkan calon
penumpang MRT Jakarta sampai ke stasiun MRT Jakarta sekaligus menambah
jumlah penumpang maka integrasi sistem MRT dengan sistem angkutan massal
lainnya ataupun feeder seperti bus umum, TransJakarta,
kereta Jabodetabek menjadi hal yang penting. Selain membangun jaringan
baru untuk sistem MRT ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama
dengan Pemerintah Pusat juga sedang mengembangkan konsep optimasi jalur
kereta api lingkar (loopline) yang saat ini telah beroperasi
sebagai bagian sistem kereta urban Jabodetabek. Dalam rencana tata ruang
dan wilayah Pemprov DKI Jakarta, jalur loopline akan diintegrasikan dengan jaringan MRT. Optimasi loopline ini ditargetkan Pemprov DKI Jakarta dapat dituntaskan sebelum sistem MRT Jakarta tahap I dioperasikan.
- Penyediaan fasilitas pendukung seperti
tempat parkir (park and ride), jalur pejalan kaki, trotoar, dan taman
yang memadai. Warga yang tinggal atau beraktivitas di sekitar jalur MRT
dapat merasakan manfaat langsungnya. Warga yang tinggal agak jauh juga
dapat meninggalkan kendaraan pribadi dan mengakses MRT dengan angkutan
umum pendukung (feeder). Dengan demikian warga terutama pengguna
kendaran pribadi bisa didorong beralih ke MRT dengan memudahkan akses
untuk menuju dan meninggalkan stasiun.Selain itu stasiun MRT Jakarta
akan dihubungkan dengan pusat-pusat aktivitas publik, baik perkantoran,
komersial dan non-komersial. Koneksi yang nyaman antara stasiun MRT
dengan pusat perbelanjaan atau perkantoran akan menjadi unsur kompetitif
pembeda dengan usaha sejenis lainnya. Dengan laju manusia yang lebih
baik, pusat perbelanjaan menjadi ramai dan perkantoran terjamin tingkat
huniannya.
Semoga bang Jokowi bisa mewujudkan rencana MRT ini dan meminimalisir kemacetan di Ibu Kota. Selamat bekerja bang Jokowi.
(Dikutip dari www.jakartamrt.com) |
|
Advertisement
Title : Mengenal Rencana MRT Jokowi
Description : Mengenal R encana MRT Jokowi . Kemacetan lalu lintas di Jakarta sudah membuat pusing warga dan pengguna jalan raya, bertambahnya jumlah ken...
Anda baru saja membaca artikel tentang Mengenal Rencana MRT Jokowi, terima kasih atas kunjungannyacommuter,
figure