Advertisement
Antara 1 Muharram dan Mistis 1 Suro. Untuk diketahui bahwa 1 Muharram atau tahun baru Islam diambil dari peristiwa hijrahnya kaum muslimin dari Kota Makkah ke Madinah, untuk menghindari jatuhnya korban oleh serangan kaum musyrikin dan kafir Quraisy saat itu.
Peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dan umat Islam dari Makkah ke Madinah juga disebabkan karena dakwah yang dilakukan Nabi SAW di
Makkah pada saat itu banyak mengalami tantangan dan
ancaman dari kaum musyrikin dan kafir Quraisy.
Dakwah Rasulullah SAW yang dilaksanakan selama 12 tahun di kota Makkah
tidak mendapat sambutan dari kaum kafir Quraisy, bahkan sebaliknya mendapat ancaman, hinaan dan terror dari kaum musyrikin dibawah pimpinan Abu Lahab yang tidak lain adalah paman Nabi sendiri.
Untuk menghindari semakin banyaknya korban berjatuhan di kalangan kaum muslimin maka Allah SWT memerintahkan Rasulullah SAW untuk melaksanakan hijrah atau pindah dari Makkah ke Madinah.
Pelaksnaan hijrahpun tidak semudah apa yang dibayangkan, banyak
tantangan dan hambatan dari kaum kafir Quraisy. Namun dengan
kewaspadaan yang tinggi Nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada kaum muslimin agar
perjalanan ke Madinah dilakukan secara rahasia, berpencar-pencar dan
melaui jalur arah selatan yang lebih jauh jaraknya tetapi lebih aman dari kejaran kaum kafir Quraisy. Banyak juga kaum muslimin yang melakukan perjalanan tersebut pada malam hari.
Setelah melihat banyak kaum muslimin yang telah hijrah ke Madinah, kaum musyrik dan kafir Makkah melihat bahwa Rasulullah SAW telah
ditinggalkan oleh sebagian besar sahabatnya. Kemudian mereka berencana untuk
membunuh Nabi SAW, dengan mengirimkan satu pemuda pilihan dari tiap Qabilah untuk melaksankan pembuhuhan tersebut.
Pada malam disaat Nabi Muhammad SAW akan melaksanakan hijrah, para pemuda pilihan tersebut telah mengepung
rumah Nabi SAW. Ada 3 hal yang harus dilaksanakan Nabi SAW pada malam itu yaitu : bagimana bisa keluar dari rumah dengan kepungan para pemuda pilihan kaum kafir Quraisy, bagaimana bisa melakukan perjalanan sampai ke Madinah, dan bagiaman menghindari intaian kaum musyrik
dan kafir Makkah saat melakukan hijrah.
Pada malam itu sebelum Nabi SAW keluar dari rumah, beliau meminta sahabatnya Ali Bin Abi Tholib Karromallohu wajhah untuk menempati
tempat tidur Nabi SAW serta menutup tubuhnya dengan selimut Nabi SAW. Dan dengan kekuasaan Allah SWT, para
pemuda pilihan kafir Quraisy yang telah bersiaga tersebut tertidur pulas semua sehingga Rasululloh SAW dapat keluar dari rumah dengan selamat.
Lalu Nabi menuju ke rumah sahabatnya yaitu
Sayyidina Abu Bakar Asshiddieq RA. Dari sana kurang lebih dua pertiga
malam, mereka berdua keluar menuju Gua Tsur. Disinilah mereka berdua
bersembunyi selama tiga hari, setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Madinah. Di Madinah, Nabi SAW dan para sahabat Muhajirin mendapat sambutan
hangat oleh kaum Anshar (penduduk asli Madinah).
Berpusat dari Madinah, agama Islam pun mengalami perkembangan amat pesat. Dalam kurun waktu
yang relatif singkat yaitu kurang lebih 8 tahun Islam mulai bergema ke
seluruh penjuru dunia, berkembang meluas ke seluruh pelosok
permukaan bumi.
Oleh karena itulah momentum peristiwa hijrah
dijadikan titik awal perkembangan Islam dan pembentukan
masyarakat madani yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Dan karena itu tidak mengherankan jika Khalifah Umar
bin Khotob menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal perhitungan tahun
baru Islam, yang kemudian dikenal dengan Tahun Baru Hijriah,
Disisi lain bulan Suro, terutama pada malam tanggal 1 Suro di beberapa wilayah Indonesia memiliki aura tersendiri, malam 1 Suro dianggap malam yang bernuansa mistis.
Oleh karena itu sebagian masyarakat yang mempercayai kemistisan tersebut melakukan berbagai ritual seperti memandikan benda pusaka seperti keris dan lain-lain, dilarang keras melaksanakan pesta apalagi pernikahan, melaksanakan tirakat dengan begadang semalam suntuk, melakukan kirab malam 1 Suro, kirab Tumuruning Mahesa Suro, ritual Batara Kathong Ponorogo, ritual Telaga Ngebel Ponorogo, dan ritual lainnya.
Sebagian orang memahami bulan Suro sebagai bulan penuh kesialan, itulah yang menyebabkan pada bulan tersebut dilarang melakukan pesta khususnya pernikahan.
Hal ini adalah keyakinan yang tidak memiliki dasar karena bulan Suro atau bulan Muharram justru memiliki makna sebaliknya. Bulan
Muharram memiliki arti kegembiraan, dimana hal tersebut diartikan bahwa pada
dasarnya bulan Muharram atau Suro adalah sebuah bulan yang mendatangkan
kegembiraan bagi seluruh umat Islam.
Dalam persepsi Islam semua
hari adalah baik dan tidak ada waktu atau tanggal yang bisa membawa kesialan
pada manusia. Jika muncul
mitos menyesatkan tentang bulan Suro, hal ini tidak lepas dari latar belakang sejarah jaman kerajaan tempo dulu. Pada bulan Suro sebagian keraton di Pulau Jawa mengadakan ritual membersihkan pusaka keraton.
Ritual membersihkan pusaka keraton pada jaman
dahulu menjadi sebuah tradisi yang menyenangkan bagi
masrakyat yang masih haus akan hiburan. Sehingga dengan kekuatan kharisma keraton
dibuatlah stigma tentang angkernya bulan Suro.
Sehingga jika di
bulan Suro rakyat mengadakan hajatan khususnya pesta pernikahan, bisa mengakibatkan sepinya ritual yang
diadakan keraton. Dampaknya akan mengurangi legitimasi dan kewibawaan keraton, yang
pada saat itu merupakan sumber segala hukum.
Mitos tentang keangkeran
bulan Suro ini demikian kuat dihembuskan, agar rakyat percaya dan tidak
mengadakan kegiatan yang bisa menganggu acara keraton. Sayangnya mitos tersebut sampai saat ini masih demikian kuat dipegang oleh sebagian orang. Sehingga
ada sekelompok orang yang pada bulan Suro tidak berani mengadakan sebuah
aktivitas karena dianggap bisa membawa sial.
Biasanya tanggal 1 Suro adalah saat bulan purnama, dan bulan purnama penuh
dengan nuansa misteri, mungkin ini juga merupakan hal yang dijadikan dasar kenapa malam 1 Suro memiliki kekuatan mistis.
Keyakinan seperti seperti itu
merupakan keyakinan tanpa dasar dan hanya dilandasi pada kata orang tua dulu dan perintah leluhur tanpa bisa menunjukkan dalil secara agama maupun logika.
Bagi umat Islam seharusnya bulan Suro itu sama saja dengan hari-hari lainnya, tidak ada pantangan untuk melaksanakan perayaan apakah itu khitanan atau pernikahan.
Kita hendaknya meyakini kuasa Allah yang telah menjadikan semua hari, tanggal, bulan dan tahun adalah baik. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana kita berbuat dan bertindak, apakah sudah sesuai dengan ajaran agama, selama kita melakukan hal kebaikan maka Insya Allah kapanpun hal itu dilakukan maka akan memberi manfaat yang baik pula.
Demikianlah sedikit info mengenai Antara 1 Muharram dan Mistis Malam 1 Suro semoga bermanfaat.