Advertisement
Cara Mengurus Paspor Online. Bagi anda yang ingin bepergian ke luar negeri, baik untuk urusan dinas maupun pribadi harus memiliki paspor. Paspor harus ditunjukkan kepada petugas imigrasi setempat ketika memasuki perbatasan suatu negara, paspor akan diberi cap stempel atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.
Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi pemiliknya. Masa berlaku paspor adalah 5 (lima) tahun, dan harus diganti apabila masa berlakunya habis.
Proses pembuatan paspor saat ini tidak harus selalu dilakukan di Kantor Imigrasi, tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara online agar pada saat kita datang ke Kantor Imigrasi hanya melengkapi persyaratan yang tidak bisa dilakukan secara online, misalnya sidik jari, foto dan lain-lain.
Untuk Mengurus Paspor secara Online, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
Persiapkan dokumen-dukumen asli berupa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran atau Ijazah, Surat Izin dari Instansi/Perusahaan (Bagi Pegawai Negeri, Anggota TNI, Anggota Polri, dan Pegawai Perusahaan)
Kemudian tiap-tiap dokumen tersebut di scan (digitalisasi) dalam format file jpg dan tidak berwarna (gray scale) dengan ukurannya maksimal tiap file 300 KB.
Setelah dokumen-dokumen tersebut berhasil dibuat file format jpg maka selanjutnya kita mengakses ke situs www.imigrasi.go.id, pilih menu pada halaman utama layanan online dan layanan paspor online.
Pilih Pra Permohonan Personal kemudian isi formulir elektronik dengan lengkap dan benar dan ikuti petunjuk yang ada.
Setelah informasi pemohon diisi dengan lengkap dan benar, tahap selanjutnya adalah upload dokumen persyaratan yang sudah di scan dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Dokumen yang harus diupload minimal adalah KTP WNI, Kartu Keluarga, Copy Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah. Jika dokumen
persyaratan minimal tersebut tidak lengkap, maka pemohon tidak dapat melanjutkan proses selanjutnya.
Setelah dokumen diupload maka selanjutnya menentukan Kantor Imigrasi mana yang akan didatangi untuk melengkapi dokumen dan tentukan tanggal berapa akan datang.
Selanjutnya cetak bukti pendaftaran paspor online dan simpan
tanda terima pra permohonan tersebut untuk dibawa peda saat melengkapi dokumen ke Kantor Imigrasi yang telah ditentukan.
Sesuai isian formulir online, bila waktunya sudah tiba maka datanglah ke Kantor Imigrasi yang telah kita tentukan dengan membawa bukti pendaftaran online dan dokumen-dokumen asli yang telah diupload untuk ditunjukkan aslinya.
Biasanya anda akan diminta menunggu terlebih
dahulu sekitar 15 menit. Setelah itu akan dipanggil dan akan
diberi bukti untuk ke tahap selanjutnya yaitu foto untuk paspor. Untuk foto ini anda harus sabar menunggu sekitar 2 minggu .
Setelah waktu foto
paspor selesai selanjutnya anda membayar biaya pembuatan paspor kira-kira sebesar Rp. 270.000 untuk paspor berjumlah 24 halaman.
Proses selanjutnya adalah sidik jari, waktu yang dibutuhkan untuk foto dan sidik jari ini lumyan lama yaitu sekitar setengah hari karena biasanya antrian cukup panjang.
Setelah foto, sidik jari dan pembayaran biaya paspor selesai kita diminta menunggu sekitar 10 menit, barulah setelah itu paspor kita jadi.
Demikian info mengenai Cara Mengurus Paspor Online semoga bermanfaat
Advertisement
Title : Cara Mengurus Paspor Online
Description : Cara Mengurus Paspor Online . Bagi anda yang ingin bepergian ke luar negeri, baik untuk urusan dinas maupun pribadi harus memiliki paspor. ...
Anda baru saja membaca artikel tentang Cara Mengurus Paspor Online, terima kasih atas kunjungannyatutorial